-->
  • Jelajahi

    Copyright © MANDALIKANews.ID | BAROMETER INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Latest News

    GSLM MERUPAKAN STRATEGI JITU DALAM PENERAPAN MERDEKA BELAJAR DAN MERDEKA BERBUDAYA

    Jumat, 14 April 2023, 13:14 WIB Last Updated 2023-04-28T18:34:14Z


    Oleh : Eka Teresia, S.Pd.,M.M

    --Penulis Indonesia (Penggiat Literasi Nasional dan Narasumber

    Berbagi Praktik Baik IKM dan GSM / Guru SMK N 6 Padang)


    Rendahnya motivasi dan prestasi belajar menjadi masalah yang harus diupayakan solusinya. Motivasi belajar yang rendah biasanya menyebabkan prestasi belajar yang rendah pula. Salah satu sebab motivasi yang rendah untuk mengikuti pembelajaran di sekolah karena sekolah tidak memiliki daya tarik bagi peserta didik. Sekolah semestinya seperti yang digagas oleh Ki Hadjar Dewantoro sebagai taman yang menyenangkan. Sekolah diarahkan menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar ilmu pengetahuan dan bekal ketrampilan hidup agar anak-anak menjadi pembelajar yang sukses.Tulisan ini mengupas tentang pemahaman Penulis tentang Merdeka belajar dan Merdeka berbudaya yang telah diimplementasikan melalui Gerakan Satu pena satu karya .  Dukungan dan apresiasi yang terus diberikan oleh warga sekolah mampu mewujudkan suasana yang kondusif dalam proses pembelajaran di sekolah.

    Saat ini Pendidikan Indonesia sedang melaksanakan kurikulum Baru yang diberi nama Kurikulum Merdeka ,dimana guru diberikan kebebasan untuk mengajar dan siswa diberikan kesempatan belajar secara bebas,nyaman,santai dan gembira tanpa beban berlebihan dengan menyalurkan bakat alami yang siswa miliki,tanpa paksaan untuk mempelajari mata pelajaran tertentu diluar kesukaan dan ketertarikan mereka.

    Guru sebagai ujung tombak implementas kurikulum merdeka harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi ini.Guru harus memperkaya Literasi.bukan hanya literasi membaca dan menulis tetapi juga literasi data,literasi teknolog, Literasi budaya  dan Literasi Manusia yang sangat dibutuhkan untuk berineraksi dengan Generasi Z. Generasi Z cendrung lebih mandiri dalam belajar,mereka dapat mencari materi yang sedang dipelajari sendiri tanpa harus dusuapi oleh guru.Guru berperan sebagai fasilitator serta mendukung minat anak.seluruh aktifitas pembelajaran harus melibatkan partisipasi aktif anak

    Generasi Z sangat fasih dan sangat menguasai teknologi terutama teknologi informasi,oleh karena itu mereka sangat menguasai pemanfaatan internet melalui media gadget dan media social lainnya.Mereka beraktifitas,bermain dan belajar dengan android/gadget,computer dan laptop.Mereka sangat mahir berselancar di dunia maya mencari dan menggali ilmu Pengetahuan,game dan sebagainya  dengan memanfaatkan internet.nampaknya mereka sudah mempunyai dunia tersendiri yang sangat berbeda  dengan dunia yang dilihat dan dirasakan generasi sebelulumnya .oleh karena itu mereka tidak boleh terlambat  dipersiaokan,dibentuk  dan dibangun karakternya melalui Literasi manusia .

    Dengan sentuhan rasa dan cinta ,menyalurkan potensi ,menyediakan ruang gerak unk berkarya generasi z bisa dibentuk menjadi manusia yang nberkarakter,berbudi pekerti luhur ,berbudaya,bisa berkolaborasi dan mempunyai kemampuan punlic  speaking yg baik.Jadi tugas guru bukan hanya untuk mempersiapkan generasi z untuk bekerja di era modern dan serba canggih akan tetapi yang lebih penting lagi bagaimana sebuah system Pendidikan bisa membentuk manusia menjadi manusia seutuhnya yang memiliki kearifan pribadi dan kreatifitas berbangsa dan bernegara {shindunata,2000}

    Guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar tetapi Bersama-sama menggali ilmu pengetahuan dari berbagai sumber dengan meningkat kan kemampuan literasi terutama literasi manusia dan literasi teknologi

    Sebagai pendidik profesional, guru SMK mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil belajar, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat. Berdasarkan kegiatan pokok dan waktu yang tersedia, guru akan cenderung fokus pada kelengkapan materi dalam kurikulum dan transfer ilmu saja. Dengan demikian, sulit untuk mengharapkan guru sebagai pendidik untuk memberikan perhatian penuh kepada siswa sesuai dengan karakteristik, minat, dan bakatnya masing-masing. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan Gerakan Sekolah Literasi Menyenangkan untuk mengubah pola pikir guru dalam mendidik siswanya dan memberikan praktik pembelajaran yang baik yang dapat menumbuhkan karakter siswa.

    Metode kegiatan berupa praktek nyata yang  bisa  dilaksanakan  dalam semua mata pelajaran.

    Dalam mendorong tranformasi dunia Pendidikan Indonesia, GSLM berangkat dari perubahan pola pikir pendidik menuju paradigma Revolusi Industri 4.0. Titik awal ini meliputi perubahan pola pikir guru, kepala sekolah, orang tua dan pemangku kebijakan untuk membangun ekosistem pendidikan yang positif dan berfokus pada pengembangan karakter siswa.

    Pembentukan GSLM yang penulis lakukan di SMK N 6 Padang terinspirasi dari kegiatan  BIMTEK GSM yang dilaksanakan BBPPMPV  BBL  Medan tentang Gerakan sekolah Menyenangkan tgl 29 maret -21 april 2021

     

    GSM berawal dari pengalaman perubahan yang dialami oleh pendirinya, Muhammad Nur Rizal dan sang istri Novi Poespita Candra. Pengalaman ini didapatkan ketika Rizal dan Novi tinggal di Melbourne, Australia untuk menempuh studi doktoral. Mereka terinspirasi dari ketiga buah hatinya yang sangat mencintai sekolahnya. Dari situ, mereka melihat pendidikan Australia yang berbeda jauh dengan pendidikan Indonesia. Bahkan bisa dibilang bahwa pendidikan Indonesia tertinggal jauh dari Australia. Pendidikan Australia unggul dari segi kurikulum yang lebih bagus, lebihmenyenangkan dan disesuaikan dengan kelebihan tiap anak. Bahkan, anak-anak mereka justru rindu pergi ke sekolah saat libura

    Inspirasi ini dikembangkan saat mereka pulang ke Indonesia dengan membangun GSM pada tahun2016. Rizal dan Novi merasa prihatin dengan pendidikan Indonesia yang masih mematok nilai dan ujian, padahal sebetulnya anak-anak bisa belajar dengan metode yang lebih menyenangkan. Dalam praktiknya. GSM merangkul sekolah-sekolah pinggiran yang tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah. Tujuannya agar kualitas sekolah pinggiran juga bisa terangkat.

                   Penulis akhirnya berinisiatif untuk melaksanakan program kegiatan Gerakan Sekolah Menyenangkan melalui kegiatan GSLM { Gerakan Sekolah Literasi Menyenangkan}. Siswa diberikan angket untuk menentukan minat bakat nya dalam literasi.ternyata Gerakan Satu pena satu Karya telah berhasil membawa Nama besar SMK N 6 Padang mendapatkan REKOR MURI sebagai contributor penulis buku fiksi dan non fiksi terbanyak  l dalam kegiatan GSMB {Gerakan Sekolah Menulis Buku}Nasional.

    Siswa membuat karya beruapa Puisi,artikel,comic strip,pantun ,gurindam,video krreatif tentang budaya Indonesia .Semua karya siswa diapresisiasi dan dibukukan .sudah ada 28 buku karya guru dan siswa yang ber ISBN dengan total 7800 karya.Bahkan buku karya siswa diluncurkan di perpusnas.Pencapaian ini membuktikan bahwa siswa merasa Bahagia karena diberikan kemerdekaan berkarya dan kemerdekaan berbudaya .video siswa tentang kearifan local dan budaya nusantara diikut sertakan dalam perlombaan nyala kreatif TK Nasional.

    Inilah kemerdekaan belajar dan kemerdekaan berbudaya yang sesuangguhmya yang melahirkan literasi manusia yang bertujuan memanusiakan manusia

    Kurikulum Merdeka. Dimana pembelajaran berbasis proyek dilakukan dalam rangka memberikan penguatan, pencapaian, pemahaman, nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yaitu nilai-nilai Pancasila. Kurikulum Merdeka Belajar juga memiliki tujuan untuk menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan guru, menekankan pendidikan pada pengembangan aspek keterampilan dan karakter dalam pembelajaran. kami menerapkan pembelajaran berdiferensiasi .

     Dengan demikian, siswa akan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai bekal menghadapi masa depan di Era Revolusi Industri 4.0. GSM  membawa nuansa berbeda di bidang Pendidikan dengan terciptanya koneksi antara sekolah, peserta didik, orang tua, pengawas  dan Iduka.

    Komunitas GSM (Gerakan Sekolah Literasi  Menyenangkan) ini sangat membantu peran guru untuk menyesuaikan diri dengan era percepatan informasi tetapi kehadirannya mampu menjadi  inspirasi  bagi siswa. Agar siswa dapat mengenali dan mengelola dirinya dengan kata lain memanusiakan manusia. Kami turut andil dalam proses pembelajaran yang kreatif, solutif dan inovatif. Mengapademikian? Dengan Implementasi atau praktek nyata dalams setiap mata pelajaran  tentang implementasidari sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Siswa membuat proyek dengan video tentang penerapan sila-sila Pancasila, disamping itu SMK N 6 Padang membentuk 16 macam Duta Penggerak yang bertujuan untuk menggali dan mengasah minat bakat serta potensi yang ada pada  diri peserta didik sesuai dengan   minatnya .

    Konsep merdeka belajar dan Merdeka berbudaya yang sudah Penulis laksanakan Bersama warga sekolah telah sejalan denngan konsep belajar Ki hajar dewantara dan Mentri Pendidikan kita Nadiem Markarim dimana Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan rasa percaya diri,mengembangkan potensi yang ada dalam diri dimana esessi dari merdeka belajar itu sendiri yaitu kebebasan berpikir yang ditujukan kepada siswa dan guru sehingga mendorong terbentuk karakter jiwa merdeka

     

    Tujuan merdeka belajar dan Merdeka budaya  adalah :

    1.            Tujuan besar yang ingin dicapai pleh kementrian Pendidikan dan kebudayaan {kemdikbud} adalah terciptanya budaya Lembaga Pendidikan yang otonom,tidak birokratis dan terciptanya system pembelajaran yang inovatif berbasis pada peminatan dan tuntutan dunia modern.

    2.            Tujuan utama merddeka belajar adalah dapat menciptakan peserta didik yang memiliki jiwa merdeka ,tidak lagi terkekang dengan adanya ketentuan dan peraturan dalam pembelajaran,sehingga peserta didik dapat menemukan potensi serta kemampuan diridengan cara masing-masing

    3.            Kebijakan Merdeka belajar  dilaksanakan untuk percepatan pencapaian tujuan nasional Pendidikan yang meningkatkan kwalitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing

     

    Kegiatan dan aktifitas literasi SMK N 6 Padang dapat dilihat di  :

     

    https://instagram.com/gsm.smkn6padang?igshid=YmMyMTA2M2Y= 

    http://smkn6padang.gsmb-indonesia3.com/

    Youtube : https://youtu.be/IEE2rtW0C-g

    melakukan kunjungan/studi tiru ke sekolah kami. https://youtu.be/2iZ9Q3t5K-w

     

     Duta Penggerak tersebut adalah :

     1.            Duta Rohis

    2.            Duta Kemanusiaan

     3.            Duta Ketarunaan

     4.            Duta Disiplin

     5.            Duta Kewirausahaan

     6.            Duta Literasi

     7.            Duta Lingkungan

     8.            Duta Pariwisata

     9.            Duta Keminangkabauan

     10.         Duta Kuliner

     11.         Duta Busana

     12.         Duta Kecantikan

     13.         Duta Perhotelan

     14.         Duta Teknologi Kreatif

     15.         Olahraga

     16.         Duta seni

     

    Disini kami membuktikan bahwa sekolah bukan hanya tempat untuk menitipkan nilai. Kemudian ditulis pada selembar kertas melainkan lebih dari itu adalah tempat untuk berekspresi menghasilkan karya dan memberikan makna sehingga GSM berhasil untuk tetap menyalakan kegembiaraan dalam proses belajar. Ada 3 aspek dasar keterampilan manusia era digital yang dicoba dibangun melalui program GSM yakni:

    1.Pola pikir terbuka

    2.Kompetisi abad 21 berupaberfikir kritis, kreatif, komunikatif dalam menemukan cara mengatasi masalah

    3.Karakter moral dan etos kerja.

     Berikut tugas-tugas dari Duta Penggerak SMK N 6 Padang yaitu:

     

    1.Duta Rohis

    Duta rohis merupakan ujung tombak dalam pembentukan karakter, budi pekerti dan peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Duta rohis harus mampu menguasai Al-Quran minimal juz 3, 4 orang Duta Rohis dalam wadah ekskul rohis SMK N 6 Padang menggiatkan kegiatan keagamaan dan baca Quran. Mereka telah membuktikan dengan prestasi dibidang keagamaan seperti lomba tahfiz, lomba cerdas cermat quran, lomba qasidah dan lomba busana muslim antar pelajar baik tingkat Kota ataupun Provinsi.


    2.Duta Ketarunaan

    Duta ketarunaan tak kalah pentingnya dalam pembentukan karakter siswa. Karakter disiplin dan bertanggung jawab dalam tugas selalu menjadi landasan berpijak. Melalui ekskul Pramuka dan Paskribaraka, para duta ketarunaan telah mampu membuktikan kesungguhan mereka dalam disiplin waktu dan bertanggung jawab yang diemban sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma.


    3.Duta Disiplin

    Duta disiplin merupakan icon mode sekolah dalam melaksanakan disiplin dan tatatertib sekolah setiap harinya. 2 orang duta disiplin SMK N 6 Padang melaksanakan praktek baik dengan mengajak teman-temannya untuk datang tepat waktu dan mematuhi aturan yang telah mereka sepakati. Organisasi yang mereka tekuni bukanlah batu penghalang untuk menjadi yang terbaik.


    4.Duta Kewirausahaan

     SMK N 6 Padang sebagai Sekolah Pusat Keunggulan yang telah mempersiapkan siswa untuk bekerja dan menciptakan lapangan kerja di pandang perlu membentukduta kewirausahaan. 3 orang duta kewirausahaan dijadika Pionir membentuk usaha Papan Bunga/Florist. Mereka dibimbing oleh guru tamu yang berpengalaman sehingga mereka bisa menjadi tutor teman sebaya dalam pengembangan florist SMK N 6 Padang.


    5. Duta Literasi

    Literasi adalah kemampuan untuk membaca, menulis dan membangun komunikasi. Duta literasi sangat penting disebuah sekolah karena literasi merupakan keterampilanpenting bagi hidup. Khusus bidang literasi SMK N 6 Padang telah mendapatkan prestasi gemilang, mendapatkan penghargaan dari Rekor Muri sebagai Kontributor Penulisan Buku Fiksi dan Non Fiksi terbanyak bulan April 2022. Dan sudah 3 tahun berturut-turut mendapatkan Piagam dan Plakat Sekolah Aktif Literasi Nasional.

     

    6. Duta Olahraga

    Mensana in cappore sano. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, moto ini menjadi dasar berpijak untuk membentuk duta olahraga. 2 orang duta olahraga memprogramkan pola hidup sehat kepada semua warga sekolah. Diantaranya tidak dibenarkan menjual mie instan setiap hari. Dalam event tertentu duta olahraga juga mengundang guru tamu. Seperti dokter dari puskesmas untuk memberikan materi seputar kesehatan. Duta olahraga SMK N6 Padang sudah menjuarai lomba silat antar pelajar se-Sumbar.


    7. Duta Seni

    SMK N 6 Padang mempunyai 5 orang Duta Seni. 5 orang ini mempunyai talenta seniyang luar biasa di bidang masing-masing seperti tari tradisional dan modern, music, vocal dan melukis. Mereka telah membuktikan dengan prestasi gemilang diberbagai event Mendapatkan prestasi Duta Genre dan memenangkan Lomba Tari Antar Pelajar Tingkat Provinsi. Bahkan duta seni SMK N 6 Padang sudah Go International untuk mengikuti ASEAN Dance dan Teknologi Festival.

     

    8. Duta Keminangkabauan

     Adat keminangkabauan adalah peraturan dan Undang-Undang atau Hukum adat yang berlaku dalam kehidupan sosial masyarakat Minangkabauan, terutama yang bertempat tinggal di ranah minang atau Sumatera Barat. Untuk itu sangat perlu membentuk Duta Keminangkabauan di dalam lingkungan SMK N 6 Padang karena hal ini sangat penting bagi kehidupan selain melestarkan budaya kita dapat mencerminkan nilai-nilai moral perilaku yang baik dalam kehidupan nantinya akan di pilih 4 orang Duta Keminangkabauan yang terdiri dari Rang Mudo dan Puti Bungsu yang akan menjadi Pionir membentuk, melestarikan, menerapkan serta mensosialisasikan keminangkabauan dilingkungan sekolah

     

    9.  Duta Dari Program Keahlian

    Mencakup Busana, Kuliner, Kecantikan, Pariwisata, ini mempunyai perandan tanggung jawab sesuai dengan minat bakat dan potensi peserta didik.


    10. Duta Lingkungan

    SMK N 6 Padang memiliki Duta Lingkungan yang berperan dalam hal pelestarian lingkungan, pembenahan lingkungan agar tetap indah dan rapi dalam menjaga kelestarian lingkungan SMK N 6 Padang. Beberapa bentuk gerakan yang dilakukan seperti penanaman bunga,, memilih sampah yang berserakan, merawat tanaman dengan baik, serta menjaga fasilitas yang berada baik di dalam kelas maupun di luar kelas.


    Disamping duta-duta dalam program ekskul dibentuk duta-duta dalam setiap program keahlian yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dijurusan dan Publik Speaking sehingga mereka mampu mempromosikan jurusan masing-masing di Media Sosial seperti jurusan busana, kecantikan, kuliner, ULP, Teknik Jaringan Komunikasi Teknologi Praktik baik Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam konteks Kurikulum Merdeka memberikan banyak manfaat :

    1.Dapat memberikan perubahan pola pikir warga sekolah

    2.Pembelajaran perubahan pada lingkungan Sekolah.

    3.Pembelajaran berpusat pada siswa

    4. Terjalin hubungan kerja sama

    5. Meningkatkan karakter siswa

    6. Peserta didik dapat memilih sendiri kegiatan ekstrakurikuler yang diminatinya

    7.Pengembangan berbasis proyek untuk mengembangkan keterampilan softskill dan karakter yang sesuai dengan pancasila.

     

     

     


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini