-->
  • Jelajahi

    Copyright © MANDALIKANews.ID | BAROMETER INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Latest News

    GKR Hemas Ingin Politik Anggaran Negara Berpihak Kepada Daerah

    MandalikaNews.id
    Senin, 21 Oktober 2024, 14:50 WIB Last Updated 2024-10-21T07:50:07Z

    MANDALIKANEWS.ID | JAKARTA — Gusti Kanjeng Ratu Hemas (GKR Hemas) Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menghadiri acara pelantikan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto di Gedung MPR/DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta. 

    GKR Hemas Senator Daerah Istimewa Yogyakarta hadir bersama Sultan B Najamudin ketua DPD RI, serta dua pimpinan lainnya yakni Yorrys Raweyai dan Tamsil Linrung. 

    “Saya ucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang baru saja dilantik. Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka,” jelasnya saat ditemui usai menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (20/10). 

    Sebagai pimpinan DPD RI, GKR Hemas berharap kedepannya kolaborasi antara DPD RI dan Pemerintah berdampak pada percepatan pembangunan daerah di seluruh Indonesia. 

    Ada beberapa poin penting yang menjadi target GKR Hemas kedepannya. Pertama, mengembalikan Marwah dan citra DPD RI sebagai lembaga legislatif. 

    Kedua, memastikan politik anggaran negara berpihak kepada daerah. 

    Ketiga, menguatkan desentralisasi otonomi daerah. 

    Keempat, meningkatkan sinergi dengan pemerintah daerah. 

    Kelima, DPD RI bisa berperan aktif dalam merespon isu-isu baik skala nasional maupun internasional. 

    “Sering saya sampaikan, hal yang terpenting saat ini ialah mengembalikan marwah dan citra DPD sebagai lembaga legislatif. DPD ini harus benar-benar hadir dan fokus menyuarakan harapan masyarakat dan daerah. Selain itu, kedepannya kami juga akan memastikan politik anggaran negara berpihak kepada daerah. Ini bisa diimplementasikan melalui program-program yang mendukung pembangunan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat melalui kebijakan yang terintegrasi dengan program pemerintah pusat,” imbuhnya.

    GKR Hemas menyampaikan bahwa kedepan, ia akan memastikan daerah memiliki otonomi yang memadai untuk mengelola sumber daya dan kebijakan lokal. 

    “Kedepan, kami juga akan perkuat sinergi dengan Pemerintah Daerah melalui peningkatan kolaborasi antara DPD dan pemerintah daerah untuk menyelesaikan berbagai isu lokal, nasional, dan internasioal secara efektif,” imbuhnya.

    Sebagaimana yang sudah diketahui oleh masyarakat umum, Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memiliki 17 program prioritas. 

    Beberapa diantaranya yakni penyempurnaan sistem penerimaan negara, reformasi politik, hukum dan birokrasi, pencegahan dan pemberantasan korupsi, pemberantasan kemiskinan, meningkatkan jaminan pelayanan kesehatan, penguatan pendidikan, sains dan teknologi, serta beberapa program lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

    “Kedepan, DPD RI akan berperan aktif dalam mengawal dan mengawasi kebijakan pemerintah. Menjalin komunikasi politik secara intens dengan pemerintah. Sehingga kolaborasi antara DPD dengan pemerintah bisa terus diperkuat. Tentu sekali lagi, tujuannya untuk mempercepat pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” jelas GKR Hemas, Istri Sri Sultan Hamengkubuwana X menutup sesi wawancara. (**) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini